Bellboy memiliki peranan yang sangat penting karena berada didalam departmen kantor depan , dimana akan berhubungan langsung dengan tamu hotel. Departemen kantor depan berperan penting bagi hotel karena memilki fungsi sebagai berikut :
- Sebagai sumber informasi
- Menjual akomodasi hotel.
- Menyambut dan mendaftar tamu-tamu yang akan check-in.
- Melayani pemesanan kamar.
- Memantau perkembangan situasi kamar (room status) secara akurat.
- Menyiapkan berkas-berkas pembayaran tamu (guest bill).
- Menangani semua surat yang masuk dan keluar hotel.
- Pelayanan lainnya.
- Melayani, menampung, menyelesaikan keluhan tamu (handling complain)
- Melayani penitipan barang-barang berharga.
- Melakukan kerja sama (koordinasi & kooperasi) dengan departemen lain
Tugas dan tanggung jawab Bellboy adalah sebagai berikut:
- Mengisi daftar hadir.
- Menangani barang, koper tamu yang dibawa pada saat check-in, check-out, dan titipan barang di porter room.
- Membaca log book untuk mengetahui hal-hal atau masalah yang perlu diselesaikan
- Mengisi dan melengkapi Guest Card.
- Mencatat koper, barang bawaan tamu pada Bellboy Errand Card, dan Bellboy working list check-in dan check out.
- Mencatat semua barang, koper yang dititipkan baik yang sementara maupun yang dititipkan lebih dari 24 jam.
- Titipan koper atau barang ini dicatat pada luggage helping receipt.
- Mengirim pesan tamu (message), koran, telex atau facsimile.
- Menyiapkan peralatan yang akan dipergunakan dalam pelaksanaan tugas.
- Menerima dan melaksanakan tugas-tugas suruhan (errand).
- Selalu siap melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan.
- Menjaga kebersihan dan kerapian area-area kerja.
- Mengisi log book ketika akan mengakhiri tugas dan bila ada ha yang belum terselesaikan.
- Mengisi daftar pulang
Artikel Terkait: